Pengertian Javascript

Pengertian Javascript
Javascript atau biasa disingkat Js adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja disebagian besar web browser populer, seperti Mozilla Firefoz, Google Chrome, Intenet Explorer, Opera, NetsCape. Kode Javascript dalam disisipkan dalam halaman web menggunakan tag <Script>.

Pengertian Javascript
Pengertian Javascript

Sejarah Javascript
Javascript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari NetsCape dibawah nama Mocha, yang kemudian berganti dengan nama LiveScript, dan akhirnya manjadi JavaScript.

Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer non-java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama Javascript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan Javascript.

Penulisan Javascript
Kode Javascript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh ditag <head> yang dibuka dengan tag <script type="teks/javascript"> Contoh :

<script type="teks/javascript">
                  alert("Hello World");
</script>

Kode Javascript juga bisa diletakan di file tersendiri yang berekstensi .js ( Singkatan Javascript ). Untuk memanggil kodejavascripr yang terdapat di file sendiri, dibagian awal <head> harus ditentukan dulu nama file .js yang dimaksud menggunakan contoh kode seperti berikut :

<script type="teks/javascript" src="Alamat File .js">
</script>

Javascipt bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik itu pada gambar atau pada teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat Ajax. Karena Javascript adalah bahasa yang digunakan untuk Ajax.

Sekian saja postingan saya kali ini tentang Pengertian Javascript, semoga dapat bermanfaat ilmunya walau hanya sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar