Pengertian AJAX

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous Javascript And XML. AJAX merupakan teknik baru didunia pengembanan halaman web yang berguna untuk membuat aplikasi web yang lebih "kaya" dibandingkan aplikasi web biasa.
Apa triknya sehingga AJAX bisa membuat halaman web lebih kaya? Jawabannya adalah AJAX memungkinkan sebuah halaman web memperbarui data dari server yang ditampilkannya tanpa harus melakukan refresh, sehingga halaman terlihat lebih responsif.

Fitur dan ciri utama AJAX adalah sebuah halaman web tidak perl-refresh setiap kali ada data baru yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, sebuah aplikasi web akan terasa seperti aplikasi desktop. Kecepatan, Interaktivis, Fungsionalitas, dan tingkat kegunaan halaman web akan meningkat.

Terlihat dari namanya, bahwa AJAX bersifat Asynchronous, arti dari asinkron disini bahwa permintaan data tambahan dari server dan loadingnya dilakukan dibackground tanpa mempengaruhi tampilan dan sifat halaman web sekarang.

Jadi, sembari AJAX bekerja mengambil data dari server, user yang membuka halaman web masih tetap bisa berinteraksi dengan halaman web tersebut, dimana halaman web tidak mengalami freezing seperti halnya aplikasi web konvensional.

Sekrang mungkin anda bertanya, apakah AJAX itu sebuah bahasa pemrograman baru? Jawabannya, Bukan! AJAX sebenarnya bukan bahasa pemrograman baru, karena ternyata bahasa yang digunakan oleh AJAX adalah bahasa Javascript yang sudah cukup berumur.

Sekian artikel saya kali ini yang membahas tentang Pengertian AJAX, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar