Mengenal Kode HTML

Pengertian kode HTML
HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, dalam arti umum sebuah web adalah sebuah dokumen HTML, yang mana HTML itu sendiri merupakan bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu ( Tag ) untuk menyatakan kode-kode yang harus diterjemahkan oleh web browser, agar halaman dapat dimuat dengan benar.


HTML sebenarnya hanyalah dokumen biasa, hanya dokumen ini dapat dikalakukan untuk Pemformatan Teks, Peletakan Objek, maupun Hypertext yakni teks yang berfungsi ganda sebagai penghubung ( Link ) antara halaman satu dengan yang lain.

Bentuk Sederhana HTML
Sebuah halaman web yang baik secara fisik akan terdiri dari Header, Body, Sdiebar & Footer. Untuk membuat sebuah dokumen HTML, anda bisa menggunakan alat bantu pada komputer, misalnya Notepad, Notepad++ dll. Dan kali ini saya akan memerikan contoh pembuatan sebuah HTML menggunakan notepad.

Contoh HTML :
<html>
<head>
<title> Belajar HTML </title>
</head>
<body>
<p> Saya Sedang Belajar HTML Nih </p>
</body>
</html>

Setelah itu simpan dengan nama "Contoh HTML" yang nantinya dikomputer anda akan menjadi "Contoh HTML.txt". Klik kanan pada file tersebut, kemudian ubah nama/rename menjadi "Contoh HTML.htm". Lalu open file tersebut dan anda sudah bisa melihat suatu tampilan halaman HTML yang dimaksud.

Keteranagan kode HTML :
Kode HTML, dalam setiap kodenya diawali dengan tanda <> dan diakhiri dengan tanda </>

Contoh :
<html> : Artinya penandaan HTMl dimulai.
</html>: Artinya penandaan HTML ditutup.

<head> : Artinya merupakan awal kepala.
</head>: Artinya merupakan akhir kepala.

<title> : Merupakan judul yang akan ditampilkan.
</title>: Merupakan tanda penutup judul.

<body> : Isi halaman..
</body>: Penutup isi halaman.

<p> : Untuk membuat alinea baru.
</p>: Penutup.

Itulah tadi pengertian dan contoh Kode HTML, jika masih ada yang belum bisa dipahami dari postingan yang saya tulis diatas, silahkan tinggalkan pertanyaan dikotak komentar yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Salam.

0 komentar:

Posting Komentar